PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENJUALAN NASI KEBULI INSTAN HENAYU FOODS KHUSUSNYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Adi Martono
Ferdiansyah Ferdiansyah
Dwi Septiani
Antania Shinta Yuwono

Abstract

Pengusaha yang tergolong dalam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan tulang punggung perekonomian suatu negara, semakin besar jumlah pengusaha tersebut maka kondisi ekonomi negara tersebut semakin baik. Namun di sisi lain, tidak seperti di negara lainnya, pengusaha yang tergolong dalam UMKM ini lemah dalam mengelola bisnisnya dan mengalami keterbatasan dalam banyak hal, serta tidak semuanya mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat selain merupakan upaya pemenuhan kewajiban dosen terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi namun juga dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha dalam kelompok UMKM. Kerjasama antara Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dan Yayasan Rumah Pemberdayaan Masyarakat, Tangerang Selatan telah membuka peluang bagi kedua belah pihak untuk saling mendukung dalam mengembangkan kemampuan dan ketrampilan para UMKM. Dalam hal ini adalah mengembangkan strategi pemasaran untuk Nasi Kebuli Instan, Henayu Food yang merupakan mitra binaan dari  Yayasan Rumah Pemberdayaan Masyarakat.

Sebagai pengusaha, pemilik Nasi Kebuli Instan, Henayu Food telah melakukan berbagai langkah dalam hal manajemen pemasaran untuk mengembangkan bisnisnya. Namun demikian keterbatasan informasi dan lainnya, menyebabkan beberapa hal belum tersentuh secara baik oleh pemilik bisnis tersebut.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dilaksanakan untuk membantu pemilik bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran khususnya di masa Pandemic Covid-19. Melalui metode diskusi dan kunjungan, dosen berusaha mendapatkan insight dari pemilik mengenai bisnis yang dijalankannya. Merujuk pada konsep Bauran Pemasaran (4P) dan STP, dihimpun berbagai informasi dan data mengenai hal-hal yang telah dijalankan, yang hendak dicapai dan kendala yang dihadapi oleh pemilik usaha.

Hasil dari analisis terhadap usaha Nasi Kebuli Instan Henayu Food beberapa hal perlu dilakukan adalah penggunaan kemasan yang kedap, penggunaan kata-kata yang menggugah dan huruf yang lebih besar pada label, memanfaatkan marketplace untuk menjangkau pasar yang lebih luas, menyelaraskan antara produk yang dijual secara online dengan yang dijual secara offline di kedai yang ada dan menggunakan media sosial seperti Instagram untuk mengenalkan nasi kebuli instan kepada masyarakat yang memiliki ketertarikan pada kuliner. Pemilik usaha harus meningkatkan kemampuan individualnya dalam hal pengunaan aplikasi media social untuk mengimplementasikan strategi pemasaran tersebut dan menekan biaya operasional.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Apriliya, L. (2016). PENGARUH WORD OF MOUTH, KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUKTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada MIE AKHIRAT di SURABAYA). BISMA – Bisnis dan Manajemen –Volume 8 No. 2.

Ayu Yuliani. (2019). Sorotan Media. Diambil kembali dari Kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media

Delicia Tungka, M. M. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING PADA INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI CHATIME INDONESIA. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa Vol 8, No 2.

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. (2018). Panduan Kegiatan. Diambil kembali dari Simlitabnas.ristekdikti.go.id: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/unduh_berkas/Buku%20Panduan%20Pelaksanaan%20Penelitian%20dan%20Pengabdian%20kepada%20Masyarakat%20Edisi%20XII.pdf

Entaresmen, R. A. (2016). STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK TABUNGAN IB HASANAH DI PT. BANK NEGARA INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG X. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 9 No. 1, 55-77.

Fajri, I. (2018). Strategi Peningkatan Penjualan Makanan Tradisional Sunda Melalui Daya Tarik Produk Wisata Kuliner di The Jayakarta Bandung Suite Hotel & Spa. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol. 8, No. 1.

Ferdinand, A. (2002). Marketing Strategy Making : Proses & Agenda Penelitian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. 1, No. 1, 1-22.

Goi, C. L. (2009). A Review of Marketing Mix: 4Ps or More? . International Journal of Marketing Strategis.

Hariyanti, A. D. (2011). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK PERLENGKAPAN KUNCI DI PT. KENARI DJAJA PRIMA SEMARANG. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. x No. 1.

Hawangga Dhiyaul Fadly, S. S. (2020). MEMBANGUN PEMASARAN ONLINE DAN DIGITAL BRANDING DITENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Volume 5 Nomor 2.

Humas Kementerian Koperasi dan UKM. (2020, September 28). Berita. Diambil kembali dari ppid.depkop.go.id: https://ppid.depkop.go.id/kemenkopukm-gulirkan-program-magang-untuk-cetak-wirausaha-baru/

Kusdyah, I. (2012). PERSEPSI HARGA, PERSEPSI MEREK, PERSEPSI NILAI, DAN KEINGINAN PEMBELIAN ULANG JASA CLINIC KESEHATAN (STUDI KASUS ERHA CLINIC SURABAYA). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 7, No. 1.

Londre, L. S. (2014). Articles & Resources. Diambil kembali dari www.londremarketing.com: https://www.londremarketing.com/stimulating-articles.php

Mariza Shabastian, H. S. (2013). Pengaruh Strategi Harga dan Strategi Produk Terhadap Brand Loyalty di Tator Café Surabaya Town Square. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN Vol. 1, No. 1.

Psikologi Universitas Mulawarman. (2016). Diambil kembali dari https://psikologi.fisip-unmul.ac.id/: https://psikologi.fisip-unmul.ac.id/main/wp-content/uploads/2016/06/Wawancara.pdf

Putri, A. S. (2019, 12 20). Skola. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia?page=all#:~:text=Dilansir%20dari%20situs%20Bappenas%2C%20di,untuk%20menjalankan%20kegiatan%20ekonomi%20produktif.

Rudyanto. (2018). PENGARUH PEMASARAN JEJARING MEDIA SOSIAL DAN KETERKAITAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN. urnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 11 No. 2.

Sulaeman. (2020, Juli 21). Uanhg. Diambil kembali dari Merdeka.com: https://www.merdeka.com/uang/kemenkop-ukm-beberkan-kendala-program-umkm-go-online.html

Warrink, D. (2018). The Marketing Mix in a Marketing 3.0 Context. International Journal of Innovation and Economic Development, 7-11.

Wikan Wiridjati, R. R. (2018). FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGARUH TEMAN SEBAYA PADA GENERASI MILENIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN . Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 11 No. 2.

Yofina Mulyati, M. A. (2018). ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA DESTINASI WISATA PANTAI CAROCOK PAINAN KABUPATEN PESISIR SELATAN (STUDI KASUS PADA WISATAWAN DOMESTIK). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 6 No.2.