Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Bhuwana menerima materi dengan focus tema Lingkungan dan Kota namun tidak terbatas pada sosio-spasial lingkungan dan permukiman, urban design & planning, konservasi, preservasi dan revitalisasi kawasan, pengelolaan lingkungan, energi baru terbarukan, bioteknologi, transportasi, pengelolaan limbah, green/eco city  serta keselamatan dan kesehatan kerja.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Front Cover

Unchecked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Back Cover

Unchecked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Preface

Unchecked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua artikel yang diterima staf editorial akan melalui proses peninjauan awal oleh dewan editorial. Kemudian, artikel akan dikirim ke peninjau (reviewer) untuk ditinjau secara double-blind proses review. Setelah proses peninjauan selesai, artikel akan dikembalikan ke penulis untuk revisi. Proses ini dapat membutuhkan waktu hingga 2 (dua) minggu. Setiap artikel akan ditinjau dalam hal aspek substansial dan teknis. Semua tim peninjau bereputasi internasional, yang sudah berpengalaman dalam manajemen dan publikasi jurnal akademik nasional dan internasional. Proses peninjauan artikel disajikan pada diagram aliran berikut:

 

Publication Frequency

Bhuwana diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September.  

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Screening Plagiarism

Penapisan untuk memeriksa adanya plagiarisme dimulai dari partisipasi aktif para penulis untuk memastikan bahwa:

  1. Artikel ilmiah adalah karya asli, tidak mencontoh hasil karya penulis lain atau tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Artikel ilmiah belum pernah dipublikasi sebelumnya dan saat ini tidak dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal/prosiding lain.
  3. Artikel ilmiah tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi apa pun yang melanggar privasi individu, hak kepemilikan, atau hak cipta menurut undang-undang.
  4. Semua penulis telah meninjau ulang artikel, bertanggung jawab atas isi artikel ilmiah, dan menyetujui artikel ilmiah tersebut untuk dipublikasi.
  5. Para penulis mengetahui dan menyetujui perjanjian publikasi ini.
  6. Setiap artikel ilmiah yang diserahkan akan diperiksa kesamaannya dengan perangkat Turnitin. Artikel ilmiah yang terdeteksi plagiarisme akan segera ditolak dan tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti proses selanjutnya untuk dipublikasikan.

 

Article Submission Charges

Each manuscript submitted by authors to Bhuwana is free (no charge)

 

Copy Editing & Proofreading

Every article accepted by Jurnal Bhuwana shall be an object to Grammarly® writing-enhancement program conducted by Journal Editorial Board.