PENDAMPINGAN GIAT INOVASI DALAM DESIGN PROMOSI PRODUK DAN PENGELOLAAN KEUANGAN MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI PLAYSTORE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KOMUNITAS LAPAK WARGA/UMKM PERMATA PAMULANG

Listya Sugiyarti, Siti Hanah, Nur Asmilia

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) untuk memberikan wawasan dalam mendesign promosi produk yang menarik (2) memberikan wawasan dalam membuat pembukuan yang baik dan tepat pada pengelolaan keuangan (3) untuk memperkenalkan aplikasi play store pada smartphone yang mendukung design promosi produk menjadi menarik (4) memperkenalkan aplikasi play store pada smartphone dalam mendukung pembukuan keuangan yang baik dan tepat sehingga pengelolaan keuangan menjadi akuntabel, (5) memberikan praktek dalam bentuk tutorial design promosi produk yang menarik dengan aplikasi play store dari smartphone (6) dan memberikan praktek dalam bentuk tutorial membuat pembukuan dengan menggunakan aplikasi play store dari smartphone. Metode yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan dengan pendekatan service learning melalui presentasi materi dan toturial oleh tim pengabdian kepada masyarakat secara tatap muka dengan prokes ketat di masa pandemi Covid-19. Unpam balik dari kegiatan ini dengan pengisian kuesioner dari para peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah untuk mendesign promosi produk dan pembukuan dengan aplikasi yang ada di play store smartphone. Peserta mampu mempraktekan aplikasi play store pada smartphone mereka dengan mendownload aplikasi yang direkomendasikan yaitu pixelLab untuk design promosi produk dan buku warung UMKM untuk membuat pembukuan dengan mudah. Aplikasi pixelLab dan buku warung UMKM ini sangat bermnafaat untuk para peserta dalam mendukung usaha mereka. Program kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan.


Keywords


Design Promosi Produk, Pengelolaan Keuangan, Aplikasi Play Store,UMKM

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Atmaja, S., Irawati, W., Sugiyarti, L., & Dewi, E. (2019). Financial Management In Improving Welfare Of Fish Farmers In Jampang Village, Bogor. In The 1st Workshop on Multimedia Education, Learning, Assessment and its Implementation in Game and Gamification in conjunction with COMDEV 2018. European Alliance for Innovation (EAI).

Faridah, F., & Wulandari, Z. W. (2020). Pendampingan Pemasaran Industri Lokal Melalui Penggunaan Marketplace untuk Meningkatkan Hasil Produksi pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sidomukti Lamongan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 509-523.

Hanifah, U., Alawiyah, P., & Agustin, A. (2020). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Diversifikasi Olahan Makanan Berbahan Dasar Jagung di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 363-375.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

Hapsari, D. I., Kresnadipayana, D., & Pamungkas, G. S. (2018). PELATIHAN PENINGKATAN MANAJEMEN KEUANGAN BERBASIS SOFTWARE PADA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM SIDOMUKTI DAN SRI REJEKI DI KECAMATAN JENAWI). Abdimas Unwahas, 2(2).

Hossain, M. (2021). The effect of the Covid-19 on sharing economy activities. Journal of Cleaner Production, 280, 124782.

Jamaludin, A. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1).

L. Gelling, “Qualitative Research,” Qual. Res., 2015

Mahedy, K. S. (2016, November). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil (Apik) Kabupaten Buleleng. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1).

Munir. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. CV. Alfabeta Bandung, n.d.

Nusanti, I. (2014). Strategi service learning sebuah kajian untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 251-260.

Rustiaria, A. P. (2017). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan tingkat pendidikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Sugiyarti, L., Asmilia, N., Atmaja, S. N. C. W., Hanah, S., & Irawati, W. (2020). FINANCIAL ATTITUDES, EDUCATION LEVEL IN FAMILY FINANCIAL MANAGEMENT IN SOMODARAN DISTRICT COMMUNITIES YOGYAKARTA. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(2), 120-124.

Sugiyarti, L., Effriyanti, (2020). Menuju Pembukuan Secara Akuntabel dan Konsisten. Abidimisi, 2(1), 1-8

Xue, H., & Zheng, R. (2020). Word-of-mouth communication, noise-driven volatility, and public disclosure. Journal of Accounting and Economics, 101363.

https://suarabantennews.com/saat-pandemi-covid-19-e-wallet-bentuk-peningkatan-cashless/




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/ja.v1i1.8891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.