PERANCANGAN MODEL SIMULASI TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARED STORAGE PADA PT. HYUNDAI INDONESIA MOTOR

Parwadi Moengin, Ilyas Noor Firdaus, Sucipto Adisuwiryo

Abstract


PT. Hyundai Indonesia Motor merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri perakitan mobil, dimana bahan baku tersebut terdiri dari bahan baku lokal part, Thailand part, bulky & trim part, small part dan bahan baku utama lainnya. Permasalahan yang diteliti terjadi pada gudang bahan baku area lokal part, area Thailand part, dan area bulky & trim dimana peletakan bahan baku yang tidak teratur, tidak sesuai rak atau pallet dan tidak terdapat tata letak penaruhan bahan baku pada rak, sehingga operator kesulitan dalam mencari bahan baku yang akan diproses dan menyebabkan waktu pengambilan bahan baku semakin besar dan terjadi keterlambatan dalam pengiriman bahan baku ke lini produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang model simulasi perbaikan tata letak gudang bahan baku untuk meminimasi waktu pengambilan bahan baku ke lini produksi.

            Langkah awal dalam evaluasi tata letak gudang bahan baku pada PT. Hyundai Indonesia Motor yaitu dengan menggunakan checksheet dan peta aliran proses pengambilan bahan baku yang digunakan untuk mengetahui kondisi gudang bahan baku dan proses pengambilan bahan baku. Dari hasil checksheet dan peta aliran proses tersebut dilanjutkan dengan merancang tata letak gudang bahan baku awal atau aktual. Selanjutnya merancang model simulasi tata letak gudang bahan baku awal. Setelah itu dilakukan proses verifikasi dan validasi pada rancangan model simulasi tata letak gudang bahan baku awal. Jika valid selanjutnya dilakukan perbaikan terhadap permasalahan yang ada pada tata letak gudang bahan baku dengan memperbaiki proses pengambilan bahan baku dan melakukan perbaikan pada tata letak gudang bahan baku dengan menggunakan metode shared storage sebagai usulan tata letak gudang bahan baku yang kemudian di lanjutkan dengan proses verifikasi dan validasi rancangan model tersebut. Dalam rancangan model usulan tersebut dilakukan perbaikan juga terhadap proses pengambilan bahan baku sehinga pada saat operator mengambil bahan baku sangat dekat dengan bahan baku lainnya yang memiliki tujuan pada lini produksi yang sama sehingga mendapatkan waktu yang lebih singkat dalam proses pengiriman. Terdapat tiga usulan pada permasalahan ini yang pertama usulan menggunakan tata letak awal dengan penambahan material handling pada area lokal, usulan ke dua menggunakan metode shared storage, usulan ke tiga menggunakan metode shared storage dengan penambahan material handling pada area lokal, selanjutnya melakukan pemilihan usulan menggunakan metode benferroni dan menggunakan hasil evaluasi cheecksheet sehingga didapatkan usulan terbaik yaitu pada usulan ketiga dengan waktu simulasi tercepat yaitu dengan rata-rata waktu simulasi sebesar 63.47 jam. Dibandingkan dengan simulasi awal yang memiliki waktu simulasi sebesar 125.14 jam, pada usulan ke tiga ini terdapat minimasi waktu sehingga didapatkan selisih waktu sebanyak 61.7 jam terhadap simulasi awal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL TEKNIK INDUSTRI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

hit
counter View My Stats