PERANCANGAN DAN PENGUKURAN KINERJA CRM UNTUK JASA TRANSPORTASI BUS AKAP DI GMS

Didien Suhardini, Dadang Surjasa, Gemala Dwitia Mustika

Abstract


Perusahaan jasa transportasi Bus AKAP GMS ingin memberikan layanan kepada penumpang sesuai keinginan penumpang agar penumpang puas dan berulang menggunakan bus tersebut. Untuk itu perusahaan perlu membangun Customer Relationship Management (CRM). Praktek CRM ini perlu terus dievaluasi keberhasilannya dengan suatu model pengukuran kinerja CRM yang dikembangkan oleh Kim, Hyung-Su, dan Kim, Young-Gul, 2003 yang disebut CRM Scorecard. Penelitian ini dimulai dengan merancang model pengukuran Kinerja CRM Scorecard, dilihat dari 4 perspektif CRM Scorecard yaitu Customer Value, Customer Satisfaction, Customer Interaction, dan Customer Knowledge. Untuk setiap perspektif ditetapkan tujuan strategis yang diturunkan dari Strategi CRM dan dilengkapi oleh tolok ukur (measure), target. Tujuan Strategis peningkatan keuntungan perusahaan didukung oleh delapan tujuan strategis yang saling berkaitan yang digambarkan dengan suatu Strategy Map. Hasil Importance Performance Matrix dari pengolahan data kuesioner diperoleh lima atribut yang perlu ditingkatkan dengan Nilai Kinerja 3,26 (73%). Pengukuran kinerja CRM dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pembobotan untuk tujuan strategis yang didorong oleh lebih dari satu tujuan strategis menggunakan metode pairwise comparison dibantu software expert choice dan skala penilaian menggunakan skala Likert 1÷5. Hasil Pengukuran Kinerja CRM Scorecard diperoleh skor 3,14 (cukup) dengan pemahaman terhadap penumpang, jumlah penjualan tiket, jumlah penumpang baru memiliki kontribusi nilai yang dianggap kurang sehingga diperlukan inisiatif strategi untuk meningkatkan skor kinerja CRM dengan memberikan bonus-bonus yang menarik dan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain sebagai distributor tiket, penyediaan pelayanan tambahan, survey rutin, pelatihan untuk SDM customer care, penyimpanan data penumpang, dan promosi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 320| PDF views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TEKNIK INDUSTRI



 

 

 

 

hit
counter View My Stats