PERHITUNGAN ISI AWAL MINYAK DI TEMPAT DAN PERHITUNGAN RECOVERY FACTOR SEBELUM DAN SESUDAH INJEKSI AIR PADA RESERVOIR ALFA

Lestari Said, Margareht sri Wahyuni

Abstract


Dilakukan perhitungan isi awal minyak di tempat atau original oil in place (OOIP) dan recovery factor sebelum dan sesudah injeksi air pada reservoir Alfa. Pada perhitungan OOIP digunakan dua metode, yaitu metode volumetrik dan material balance garis lurus. Sebelum melakukan perhitungan OOIP dengan metode material balance garis lurus, jenis mekanisme pendorong harus terlebih dahulu diketahui untuk menentukan grafik yang digunakan dalam metode material balance garis lurus. Metode penentuan jenis mekanisme pendorong, yaitu metode perhitungan drive index dan  Ganesh Thakur,.  Sedangkan untuk menghitung recovery factor sebelum dan sesudah injeksi digunakan analisa decline curve yang dilakukan secara dua tahap, yaitu tahap primary recovery dan secondary recovery (injeksi air). Analisa decline curve ditentukan dengan menggunakan status sumur produki aktif yang relatif konstan Jenis exponent decline (b) yang dipilih adalah exponential decline curve, dengan nilai rate of decline (Di) telah otomatis terhitung saat penarikan garis decline dengan  software OFM.

 

Hasil perhitungan OOIP dengan menggunakan metode volumetric adalah sebesar 75.63 MMSTB dan untuk metode material balance garis lurus adalah sebesar 78.5 MMSTB. Sedangkan jenis mekanisme pendorong dari reservoir Alfa  adalah solution gas drive.Dan hasil analisa decline curve pada tahap primary recovery menunjukan bahwa reservoir Alfa  dapat berproduksi hingga 31 Mei 2012 dengan nilai Estimate Ultimate Recovery sebesar 24514.1 MSTB, dan Recovery Factor sebesar 31.32%. Sedangkan untuk tahap secondary recovery menunjukkan bahwa reservoir Alfa dapat berproduksi hingga 31 Maret 2022 dengan nilai Estimate Ultimate Recovery sebesar 781.314 MSTB, dan Recovery Factor sebesar 1%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PETRO



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 View My Petro Stats