OPTIMASI LAJU INJEKSI AIR UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI MINYAK PADA LAPISAN “W” LAPANGAN “EZA”

Djunaedi Agus Wibowo, Rachmad Sudibjo, maman djumantara, suryo prakoso

Abstract


Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan produksi minyak lapisan “W”, dengan  cara menentukan laju injeksi air yang optimal agar dapatmendorong minyak lebih efisien menuju lubang sumur untuk diproduksi ke permukaan. Penelitian ini didasari dari hasil analisa produksi yang menunjukkanbahwalapisan“W” saat ini sudah menurun dan belum optimalnya laju injeksi air yang ada.

Metode penelitian adalah dengan melakukan simulasi reservoir untuk dapat memodelkan kondisi reservoir yang ada berdasarkan data geologi, data produksi, data scal, dan data fluida reservoir. Hasil simulasi reservoir kemudian digunakan untuk memprediksi kinerja reservoir sesuai dengan skenario produksi yang dibuat.

Berdasarkan hasil proses simulasi reservoir diperoleh OOIP inisialisasi lapisan “W” sebesar 40.11 MM STB. Selajutnya dilakukan history matching dan dibuat prediksi pengembangan lapangan. Hasil skenario paling optimum yaituBase Case + Workover + Infill + Injeksi Air 3000 BWIPD, denganhasil peningkatan produksi minyak 5.73 MM STB dan RF sebesar 14.3 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PETRO



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 View My Petro Stats