PENGARUH PENGUNGKAPAN SUKARELA DAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA

Sistya Rachmawati

Abstract


 

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sukarela dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap koefisien respon laba  dengan komite audit dan kualitas audit sebagai variabel pemoderasi.

 Sampel yang digunakan adalah 73 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014, sehingga jumlah observasi adalah 219. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data panel. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah Eviews 8.0.

Hasil penelitian pada model tanpa memasukkan variabel mederasi menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terbukti memiliki pengaruh pada koefisien respon laba. Sedangkan pengungkapan sukarela dan variabel kontrol tidak memiliki pengaruh terhadap koefisien respon laba. Pada model pengujian dengan memasukkan variabel moderasi yg diproksi dng kualitas audit dan komite audit menunjukkan hasil bahwa semua variabel tidak signifikan.

Kata Kunci :Pengungkapan sukarela, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Koefisien Respon Laba, Komite Audit, Kualitas Audit.


Full Text:

PDF

References


Adhariani, Desi. (2005). Tingkat Keluasan Pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan dan hubungannya Dengan Current Earnings Response Coefficient (ERC). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2 (1). Juli: 24-57.

Sartono. Agus (2005) Manajemen Keuangan : Teori dan Aplikasi, Yogyakarta BPFE

Basu, Sudipta. (1997). The Conservatism Principle and The Asymetric Timeliness of Earnings. Journal of Accounting and Economic, 24: 3-37.

Brigham, Eugene F.; Joel F. Houston; Yao-min Chiang; Hon-Sing Lee dan Banny Ariffin. (2010). Essentials of Financial Management, Second Edition. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Chang, Jui-Chin dan Huey-Lian Sun. (2010). Does the Disclosure of Corporate Governance Structures Affect Firms’ Earnings Quality?.Review of Accounting and Finance, 9 (3).

Francis, C. (2005). How to Pass Public Relations-Third level. LLCIB-London Press, London

Gantyowati Evi, Rosa Lenna Nugraheni. (2014). The Impact of Financial Distress Status and Corporate Governance Structures on the Level of Voluntary Disclosure Within Annual Reports of Firms (Case Study of Non-financial Firms in Indonesia Over the Period of 2009-2011. Jurnal of Modern Accounting and Auditing, ISSN 1548-6583 April 2014, Vol. 10, No. 4, 389-403.

Ghozali, Imam, (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giuseppe Fiori, Giuseppe Nicoletti, Stefano Scarpetta, Fabio Schiantarelli (2007) Employment Outcomes and the Interaction between Product and Labor Market Deregulation: Are They Substitutes or Complements?

Haniffa, R.M., dan T.E. Cooke (2005), “The Impact of Culture ang Governance on CorporateSocial Responsibility”, Journal of Accounting and Public Policy 24, pp. 391-430.

Haggard, K. Stephen; Xiumin Martin; dan Raynolde Pereira. (2008). Does Voluntary Disclosure Improve Stock Price Informativeness?. Financial Management, 37 (4): 747-768.

Hidayati, Naila Nuur dan Murni, Sri, (2009). Pengaruh Pengungkapan Coprorate Social Responsibility terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan High Profile. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 11 April.

Imroatussolihah. (2013). Pengaruh Risiko, Leverage, Peluang Pertumbuhan, Persistensi Laba dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1 (1): 75-87.

Kartadjumena, Eriana. (2010). Pengaruh Voluntary Disclosure of Financial Information dan CSR Disclosure terhadap Earnings Response Coefficient.The 4th PPM National Conference on Management Research. Jakarta, 25 November.

Kiryanto. (2014). Analysis Of The Characteristics Audit Committee On Earnings Quality. International Journal of Business, Economics and Law, 4 (1).

Mulyani, Sri; Nur Fadjrih Asyik: dan Andayani. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta.JAAI, 11 (1). Surabaya: 35-45.

Murwaningsari, Etty. (2008). Pengujian Simultan: Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient (ERC). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak, 23-24 Juli

Novianti, Rizki. (2012). Kajian Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Accounting Analysis Journal, 1 (2): 1-6.

Nugrahanti, Yeterina Widi. (2006) Hubungan Antara Luas Ungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan Dengan Earnings Response Coefficient Dan Volume Perdagangan Pada Saat Pengumuman Laba. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol XII No.2 : 152-171.

Nuresa, Ardina dan Basuki Hadiprajitno. (2013). Pengaruh Efektivitas Komite Audit Terhadap Financial Distress. Diponegoro Journal Of Accounting, 2 (20): 1-10

Restuti, MI Mitha Dwi dan Cecilia Nathaniel. (2012). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Earnings Response Coeficient. Jurnal Dinamika Manajemen, 3 (1): 40-48.

Rifani, Aulia. (2003). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap hubungan Manajemen Laba dan Kualitas Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public yang terdaftar di Perusahaan Go Public yang terdaftar Di CGPI).http:/ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/download/611/370

Riyatno. (2007). Pengaruh Ukuran Kantor akuntan Publik Terhadap Earnings Response Coefficient.Jurnal Keuangan dan Bisnis, 5 (2). Oktober: 148-162.

Said, Roshima; Yuserrie Hj Zainuddin; dan Hasnah Haron. (2009). The Relationship Between Corporate Social Responsibility Disclosure and Corporate Governance Characteristic in Malaysian Public Listed Company.Social Responsibility Journal, 5 (2): 212-226.

Sayekti, Yosefa dan Ludovicus Sensi Wondabio. (2007). Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earnings Response Coefficient (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta).Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar, 26-28 Juli.

Scott, William R, (2009). Financial Accounting Theory. Fifth Edition. Canada Prentice Hall.

Silalahi (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Beta dan Price To Book Value (PBV) terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekonomi, 22 (1) Maret.

Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga. Jogjakarta: BPFE-Yogyakarta.

Triastuti, Fabita. (2014). Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2010-1012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3 (1).

Ujiyantho, Muh. Arief dan Bambang Agus Pramuka. (2007). Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar, 26-28 Juli.

Untari, Made Dwi Ayu dan I Gusti Ayu Nyoman Budiasih. (2014). Pengaruh - Konservatisme Laba dan Voluntary Disclosure terhadap Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 7 (1) : 118.

Veronica, Sylvia dan Yanivi S. Bachtiar. (2005). Corporate Governance, Information Asymmetry, and Earnings Management. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2 (1). Juli: 77-106.

Widiastuti, Harjanti. (2002). Pengaruh Luas Ungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan Terhadap Earnnigs Response Coefficient (ERC). Simposium Nasional Akuntansi V, Semarang.

Wulandari, Kadek Trisna dan I Gede Ary Wirajaya. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6 (3).

Zakaria, Nor Balkish., and Dalila Daud. (2013). Does Big 4 Affect The Earnings Response Coefficient (ERC)?. Journal Of Modern Accounting and Auditing, 9 (9). September: 1204-1215.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/mraai.v16i2.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Creative Commons License

Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.