PENGARUH PENGUNGKAPAN SUKARELA DAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA

Sistya Rachmawati

Abstract


 

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sukarela dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap koefisien respon laba  dengan komite audit dan kualitas audit sebagai variabel pemoderasi.

 Sampel yang digunakan adalah 73 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014, sehingga jumlah observasi adalah 219. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data panel. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah Eviews 8.0.

Hasil penelitian pada model tanpa memasukkan variabel mederasi menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terbukti memiliki pengaruh pada koefisien respon laba. Sedangkan pengungkapan sukarela dan variabel kontrol tidak memiliki pengaruh terhadap koefisien respon laba. Pada model pengujian dengan memasukkan variabel moderasi yg diproksi dng kualitas audit dan komite audit menunjukkan hasil bahwa semua variabel tidak signifikan.

Kata Kunci :Pengungkapan sukarela, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Koefisien Respon Laba, Komite Audit, Kualitas Audit.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/mraai.v16i2.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.