FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KENYAMANAN PASAR ANYAR DI KOTA TANGERANG

Putri Wulan Eka Christi, Muhammad Ali Topan, Agus Budi Purnomo

Abstract


Pasar Anyar merupakan pasar tradisional terbesar yang berada di kota Tangerang. Pasar anyar memiliki luas 24.680 m2 dan berjumlah 3 lantai yang difungsikan sebagai kios dagang serta kantor pengelola pasar. Penurunan jumlah pengguna pasar baik dari segi pedagang maupun pengunjung cukup signifikan berdasarkan dari data PD Pasar kota Tangerang, sarana dagang aktif berjumlah 671 dari 1.596 pada lantai 1. sedangkan pada lantai 2 sarana dagang aktif berjumlah 117 dari 561. sehingga Penelitian ini perlu dilakukan untuk mecari faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan pengguna pasar. Batas penelitian berupa kenyamanan fisik dan lingkungan dari segi arsitektural. Sehingga faktor yang dicakup pada penelitian ini berupa faktor pencahayaan, penghawaan, kelembaban, aroma, kebersihan, keindahan, kemudahan dan kerapihan. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kenyamanan dari beberapa faktor tersebut. Hasil penelitian menyebutkan bahwa faktor aroma memiliki nilai terendah, diikuti oleh faktor penghawaan, keindahan, kebersihan, kerapihan, pencahayaan, kemudahan dan kelembaban. Penghawaan merupakan faktor dasar dari kenyamanan bangunan. Pengahwaan yang baik akan menghilangkan aroma yang tidak sedap. Aroma yang sedap dan penghawaaan yang sejuk dapat membuat pengguna pasar merasa nyaman, serta memiliki mood yang bagus untuk berbelanja dengan durasi yang cukup panjang.

Full Text:

PDF

References


Detika D. Merdekawati, Agus Budi Purnomo, Nuzuliar R., 2015,”Perancangan Padepokan Seni Didik Nini Thowok di Yogyakarta dengan Pendekatan Ekspresi Bentuk”, dalam Prosiding Seminar Nasional Cendikiawan ISSN:2460-8696, Lembaga Penelitian Universitas Trisakti 2015.

Febry Rachmadhany, Agus Budi Purnomo, Susilo Bharata., 2015,”Perancangan Rumah Sakit Umum Daerah DI Jakarta Selatan Dengan Pendekatan Arsitektur Fungsionalisme”, dalam Prosiding Seminar Nasional Cendikiawan ISSN:2460-8696, Lembaga Penelitian Universitas Trisakti 2015.

Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Ratna Puspa Dewi, Agus Budi Purnomo, Moh Ali Topan., 2015,”Perancangan Concert Hall di Giant Sea Wall, Pluit Jakarta Utara”, dalam Prosiding Seminar Nasional Cendikiawan ISSN:2460-8696, Lembaga Penelitian Universitas Trisakti 2015.

PerPres RI no 112, 2007, Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.

UU RI no 28, 2002, Tentang Bangunan Gedung : Persyaratan Kenyamanan.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v3i2.2989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..