PENGARUH KELAS JALAN DAN AKSES TRANSPORTASI UMUM TERHADAP PERUBAHAN FUNGSI HUNIAN MENJADI KOMERSIL DI KECAMATAN KEMBANGAN

Fitriadi Fitriadi, Dedes Nur Gandarum, Jimmy S Jimmy S, Juwana Juwana

Abstract


Pada hakikatnya sebuah pemukiman harus memenuhi persyaratan planologi yang ditetapkan serta memenuhi persyaratan layak huni, sehingga fungsi hunian tetap terjaga sebagaimana mestinya, akan tetapi fenomena perubahan fungsi hunian menjadi komersil tidak dapat dihindari, dalam hal ini khususnya di wilayah Kecamatan Kembangan. Pengaruh derajat aksesibilitas di wilayah tersebut dipercaya sebagai faktor penyebab terjadinya perubahan fungsi hunian menjadi komersil, diantaranya faktor kelas jalan serta akses transpotasi publik yang ada di wilayah Kecamatan Kembangan sebagai variable penelitian yang akan dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mencari bagaimana pengaruh kelas jalan yang serta keberadaan transportasi umumnya terhadap perubahan fungsi hunian menjadi komersil di wilayah Kecamatan Kembangan. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan-pertimbangan dalam membuat pedoman serta prinsip-prinsip umum perancangan sebuah kota dalam mengendalikan fenomena dimaksud.

Full Text:

PDF

References


Dedes Nur Gandarum, 2008, Prinsip-Prinsip Pengembangan Pemukiman Baru, Jakarta.

John Black, 1981, Urban Transportation Planning ; Theory and Practice, The Johns Hopkins University Press.

Northam, 1975, Urban Geography, US : John Wiley & Sons.

Riska Damayanti, 2015, Judul : Pengaruh Guna Lahan Dan Pola Pergerakan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Di Sekitar Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Agora Jurnal Arsitektur, Volume 15, Nomor 1.

Syahrir, 2010, Judul Tesis : Kajian Perubahan Pemanfaatan Lahan Perumahan Menjadi Perdagangan Dan Jasa Komersial Di Perumahan Tumbuh I Dan Perumahan Tumbuh Ii Kota Kendari.

Yunus Hadi Sabari, 1999, Struktur Tata Ruang Kota. Jakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v3i2.2982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..