Optimalisasi Kinerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi (SKK-Migas)

Radita Arindya

Abstract


Setelah 70 tahun merdeka dan rapuh dalam ketahanan energi, kita perlu menata kembali sektor dan industria Hulu Migas. Disatu sisi kedaulatan pengelolaan sumber daya alam dipermasalahkan kesesuainnya dengan konstistusi, di pihak lain impor minyak dan BBM dibiarkan terus meningkat. Padahal seluruh impor berasal dari sumber yang dikuasai asing. Bentuk Satuan Kerja Hulu Migas menjadi tidak sesuai untuk pengelolaan Migas, karena untuk menjadi Badan Usaha harus mempunyai keuntungan dan keuntungan dari hasil pembagian produksi migas yang menjadi profit SKK Migas tidak cukup menjadikannya sebagai badan usaha. Jika prediksi produksi dan cadangan migas Indonesia yang semakin menurun maka bila tidak ada eksplorasi yang baru, SKK Migas ini akan membukukan keuntungan yang terus menurun sesuai dengan trend produksi. Sementara, seperti halnya Badan usaha yang lain, expense perusahaan akan terus naik dari tahun ke tahunnya. Pengelolaan Migas yang sesuai untuk Indonesia adalah mengembalikan fungsi pengawasan dan Pengelolaan Migas ini kepada Pertamina sehingga akan memaksimalkan keuntungan buat negara dan hasil migas akan dapat dinikmati oleh daerah penghasil migas.

Full Text:

PDF

References


Alkadri., Muchdie., Suhandjono., 2000, Tiga Pilar Pengembangan Wilayah: Sumberdaya Alam, Sumber Daya Manusia, Teknologi. Jakarta: Penerbit Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan University of Indonesia Press.

Aprilian, Salis S., 2012, Membangun(kan) Perusahaan Energi Nasional. Jakarta: Penerbit Petromindo.

Syeirazi, M Kholid., 2009, Di Bawah Bendera Asing: Liberalisasi Industri Migas di Indonesia. Jakarta: Penerbit Pustaka LP3ES Indonesia.

Rakhmanto, Pri Agung., 2011, Esensi Pendirian Perusahaan Migas Negara: Redefinisi Peran dan Posisi Pertamina. Jakarta: Penerbit ReforMiner Institute.

Santosa, Heru, 2007., Etika dan Teknologi. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Utomo, Sutadi Pudjo., 2010, Kedaulatan Migas dan Production Sharing Contract Indonesia. Jakarta: Penerbit Reforminer Institute.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v3i1.2482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..