Penerapan Standar Fasilitas Parkir Untuk Difabel Di RSUD Pasar Minggu

Nadya Amanta, Maria Immaculata Ririk W, Sri Tundono

Abstract


Berdasarkan Permenkes Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016, bangunan Rumah Sakit harus menyediakan fasilitas yang dapat di akses oleh difabel termasuk lanjut usia, pada kenyataanya fasilitas tersebut di beberapa Rumah Sakit belum terpenuhi, salah satunya Rumah Sakit tersebut adalah Rumah Sakit Pasar Minggu. Makalah ini mendeskripsikan penerapan standar fasilitas difabel di area parkir dan drop off di RSUD Pasar Minggu. Metode yang digunakan adalah metode deduktif kuantitatif.Variabel yang dikaji meliputi ketersediaan parkir difabel, signage, ram dan faktor yang mempengaruhi ketidak sesuaian terhadap standar.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa di area parkir, signage, dan ram belum memenuhi standar.Fasilitas tersebut batu terpenuhi sekitar 33%.Hal ini dapat dikatakan bahwa pada nilai rata-rata 33% kondisi fasilitas area parkir kurang baik.Tujuan dari makalah ini adalah mendapatkan faktor yang mempengaruhi ketidaksesuaian terhadap standar.Standar persyaratan teknis fasilitas tersebut penting untuk keamanan dan kenyamanan bagi difabel.

Full Text:

PDF

References


Deni Sukamto, 2013, Analisis Peningkatan Fungsi Bangunan Umum Melalui Upaya Desain Accessibility, Universitas 17 Agustus 1945, Semarang

Ivana Idris, 2015, Aksesibilitas Difabel Terhadap Bangunan Publik Studi Kasus Sun Plaza, Universitas Sumatera Utara

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum, 2006, Pedoman Teknis Fasilitas Dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan.

Maria Immaculata Ririk Winandari, 2015, Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Di Perumahan Dengan Tingkat Pendapatan Yang Berbeda, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta

UURI No. 4 Tahun 1997, Penyandang Cacat

UURI No. 8 Tahun 2016, Penyandang Cacat

Winandari, MIR, Pramitasari, D, 2012, Relationship Between Behavior Setting And Public Open Space Layout-Condong Catur Public Housing In Yogyakarta As A Case Study, Journal of Habitat Engineering and Design, Vol 4, no 2, pp 127-136




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v3i1.2481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..