Pengaruh Kolaborasi Rantai Pasok Terhadap Kinerja Keuangan Melalui Kinerja Logistik, Kinerja Operasional Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Ritel Yang Beroperasi Di Indonesia)

Adhitya Suwanda, Dadang Surjasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kolaborasi rantai pasok terhadap kinerja logistik, kolaborasi rantai pasok terhadap kepuasan pelanggan, kolaborasi rantai pasok terhadap kinerja operasional, pengaruh kinerja logistik terhadap kepuasan pelanggan, kinerja operasional pada kepuasan pelanggan dan terakhir pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan ritel di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara lebih luas mengenai kolaborasi rantai pasok ke pengambil keputusan dari perusahaan ritel di Indonesia yang secara rutin bekerja sama dengan pemasok dalam menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan. Penelitian ini secara empiris memeriksa tiga bentuk: perilaku, lingkungan dan teknologi pada kolaborasi rantai pasok.
Penelitian ini merupakan studi kausal untuk mempelajari hubungan antar variabel terkait. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari karyawan perusahaan ritel. Sebanyak 133 responden berpartisipasi dalam survei online. Teknik analisis model persamaan struktural digunakan dalam menganalisis reliabilitas dan validitas data dalam model pengukuran dan menguji hubungan kausal antara konstruksi dalam model struktural.
Temuan menunjukkan bahwa, kolaborasi rantai pasok mempengaruhi kinerja logistik dan kinerja operasional secara langsung. Selain itu, kinerja logistik dan kinerja operasional juga mempengaruhi kepuasan pelanggan secara langsung. Adapun, kolaborasi supply chain tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan secara langsung, dan yang terakhir, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan.
Keterbatasan penelitian/implikasi dalam penelitian ini hanya diuji pada sudut pandang perusahaan ritel. Untuk mempelajari kolaborasi rantai pasok secara menyeluruh, penelitian selanjutnya harus memeriksa dari sudut pandang produsen dan juga pemasok.

Full Text:

PDF

References


Barratt, M. (2004). Understanding the meaning of collaboration in the supply chain. Supply

Chain Management: An International Journal. 9(1): 30-42.

Bowersox, D.J., Closs, D.J. and Keller, S.B. (2000). How supply chain competency leads

to business success, Supply Chain Management Review, Vol. 4 No. 4, pp. 70-8.

Chi, C.G., Gursoy, D. (2009). Employee satisfaction, customer satisfaction, and financial

performance: an empirical examination. International Journal of Hospitality Management

, 245–253.

Haque, M., Islam, R. (2013). Effects of Supply Chain Management Practises on Customer

Satisfaction: Evidence from Pharmaceutical Industry of Bangladesh. Global Business and

Management Research: An International Journal, Vol 5, Nos 2&3.

Kenneth W., Green, Jr. and Inman, A., R. (2008). The Impact of Logistics Performance on

Organizational Performance in a Supply Chain Context. Emerald Group Publishing

Limited. 317-327

Kumar, V., Batista, L. C. and Maull, R.S. (2011). The Impact of operations performance on

customer loyalty. Service Sciences, Vol. 3, No. 2, pp. 158 171.

Nisfianoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Salemba

Huamanika.

Ralston, P. (2014). Supply chain collaboration: A literature review and empirical analysis

to investigate uncertainty and collaborative benefits in regards to their practical impact on

collaboration and performance, Doctoral Dissertation. Iowa: Iowa State University.

Simatupang, T., M., and Sridharan, R. (2005). The collaboration index: a measure for

supply chain collaboration. International Journal of Physical Distribution & Logistics

Management, 35(1): 44-62.

Tjiptono, F. (1996). Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Tsemrie, A. (2016). The Effect of Logistic Management Practice on The Performance of

Food Manufacturing Industry: The Case Fafa Food Share Comapany. Thesis. Addis

Ababa: Addis Ababa University

Whipple, J. M., Lynch, D. F., and Nyaga, G. N. (2010). A Buyer's Perspective on

Collaborative Versus Transactional Relationships. Industrial Marketing Management

(3):507-518.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v3i1.2474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..